Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

8 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Seiiring dengan bertambahnya usia anda, maka kemampuan daya ingat anda pun akan semakin menurun. Ada baiknya jika anda memperbanyak konsumsi makanan alami untuk mencegah kepikunan dini. Seperti tomat, kuaci, atau brokoli. Kandungan nutrisinya bikin daya ingat tetap terjaga ketajamannya. Tahukah anda makanan yang berkhasiat meningkatkan daya ingat itu meliputi apa saja selain yang disebutkan di atas?

Penyakit yang kini banyak ditakuti orang adalah penurunan fungsi otak secara tajam di saat usianya menjelang tua. Salah satunya adalah Alzheimer. Penyakit ini dapat melemahkan daya ingat secara drastis yang membuat orang tidak bisa berbuat apa – apa lagi seperti sebelumnya. Cara alami yang mudah anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang berkhasiat meningkatkan daya ingat anda agar kepikunan tidak menyertai usia anda yang sudah tak muda lagi.Ada sejumlah bahan makanan yang dianjurkan, untuk dimakan secara rutin agar daya ingat tetap terjaga dengan baik.

1. Gandum

Gandum

Makan gandum beserta olahanya seperti sereal, wheatbrand, dan pasta gandum memberikan vitamin B12 dan B6 yang bisa meningkatkan dan mempertahan daya ingat. Juga beresiko lebih rendah dari penurunan kognitif ringan yang dapat berkembang menjadi penyakit Alzheimer.

2. Minyak Ikan

Minyak Ikan

Jenis ikan seperti mackarel, tuna, salmon, dan jenis ikan laut lainnya memiliki minyak dengan sumber asam lemak omega3 yang dibutuhkan oleh otak. Selain asam lemak omega-3, ikan-ikan ini juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan yodium yang bagus untuk syaraf otak dan mengasah daya ingat lebih tajam.

3. Blueberry

Blueberry

Menurut penelitian Tufts University dan Journal of Neuroscience, ekstrak blueberry dapat membantu memelihara serta meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

4. Tomat

Tomat

Tomat kaya akan Lycopene dan antioksidan yang bisa membantu melindungi terhadap jenis kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang diakibatkan karena faktor usia.

5. Blackcurrant

Blackcurrant

Vitamin C pada Blackcurrent sudah dikenal memiliki kekuatan untuk meningkatkan ketangkasan mental dalam berfikir. Mampu menjaga otak dari racun dari lingkungan ataupun makanan, sehingga bisa mencegah terjadinya penurunan daya ingat.

6. Kuaci Biji Labu

Kuaci Biji Labu

Kuaci yang berasal dari biji labu memiliki kandungan zinc yang baik untuk meningkatkan dan memelihara ketajaman otak dan pikiran.

7. Brokoli

Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin K, yang dikenal baik untuk meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan otak dalam berfikir.

8. Kacang-kacangan

Kacang Kacangan

Menurut the American Journal of Epidemiology, kacang atau pun selai kacang mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu, kacang juga menjadi sumber vitamin E tinggi yang bisa menjaga tubuh tidak hanya dari serangan jantung tapi juga memperbaiki untuk sistem kerja otak.

Mengkonsumsi sayuran dan juga buah memang baik bagi kesehatan tubuh anda dan juga kesehatan otak anda. Daya ingat otak memang sangat berhubungan dengan nutrisi yang mendukungnya.

Bagaimanapun juga asupan gizi sangatlah penting untuk anda perhatikan. Usia memang boleh semakin tua tapi daya ingat harus tetap terjaga dan tak jauh beda dengan yang masih muda. Dengan mengkonsumsi makanan yang berkhasiat meningkatkan daya ingat ini anda akan terhindar dari penyakit Alzheimer alias kepikunan.

Sumber Artikel
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda