Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Beberapa Jenis Gangguan Tidur

Beberapa Jenis Gangguan Tidur
Gangguan tidur di sebut juga dengan insomnia. Kebiasaan tersebut bisa disebabkan oleh bermacam-macam sebab. Salah satunya bisa karena kebiasaan, faktor fisik, dan lain-lain. Secara medis tentu saja insomnia berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kulitas tidur yang baik di malam hari selama 6-7 jam akan memberikan pengaruh positif bagi tubuh serta membuat tubuh merasa siap untuk beraktifitas di pagi harinya.

Kenali Beberapa Jenis Gangguan Tidur berikut ini yang mungkin saja anda alami seperti yang dikutip dari BeritaSatu.com :

1. Mimpi Buruk
Halusinasi mimpi buruk di malam hari membuat tidur anda terganggu. Seringkali seseorang dihadapkan pada rasa gelisah dan takut karenanya. Mimpi buruk bisa disebabkan oleh kondisi mental yang sedang terganggu, bayangan memori masa lalu yang menakutkan, trauma, kondisi pikiran yang sedang tidak stabil dan sebagainya.

2. Tidur Berjalan (Sleepwalking)
Untuk beberapa orang mengalami gangguan tidur yang satu ini. Mereka berjalan dalam kondisi masih tidur, bukan sekedar mengigo tapi mereka berjalan-jalan. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga sering mengalaminya bahkan angkanya lebih tinggi orang dewasa ketimbang anak-anak. Tidur berjalan (sleepwalkin) tentu saja memiliki dampak buruk diantaranya bahaya terjatuh dan tersengat arus listrik.

3. Halusinasi Mengantuk
Halusinasi mengantuk merupakan jenis gangguan tidur dimana seseorang merasakan adanya halusinasi seperti mereka melihat bayang-bayang tertentu, suara-suara aneh, atau pun benda aneh di kamar mereka.

4. Teror Malam (Night Terror)
Teror malam merupakan sebuah keadaan dimana seseorang sering berteriak, meronta-ronta, panik, dan mondar-mandir di malam hari dalam keadaan tidak sadar. Penderita juga kadang terbangun dan duduk dalam keadaan mata setengah terbuka namun sebenarnya dia masih dalam kondisi tidur.

5. Seksomnia
Gangguan tidur yang dipicu oleh hasrat seksual seperti kebiasaan onani atau masturbasi di malam hari. Mereka tidak bisa tidur sebelum melakukan hal-hal tersebut. Untuk beberapa kasus gangguan tidur seksomia bahkan sering berujung pada tindak kriminal seperti pemerkosaan atau pun kekerasan seksual.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda