Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

http://bigcendol.blogspot.com/enar
Kesehatan mulut dan gigi harus selalu kita jaga untuk menghindari terjadinya beberapa penyakit mulut dan gigi. Gigi yang jarang dibersihkan juga dapat memicu timbulnya bau mulut, sariawan, gusi bengkak dan bahkan yang lebih parah bisa memicu terjadinya kanker mulut. Nah oleh karena itu membersihkan gigi dan mulut sudah menjadi sebuah keharusan bukan?

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan mulut yaitu dengan nenggosok gigi secara teratur. Namun tahukah anda? meskipun kebiasaan ini hampir dilakukan oleh setiap orang di seluruh dunia namun hanya sekitar 20 % saja yang mengetahui cara menyikat gigi yang baik dan benar, akibatnya meskipun anda rajin menggosok gigi namun tetap saja masalah-masalah mulut seperti bau mulut tetap saja muncul.

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar
Berikut ini adalah tips Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar yang mesti anda perhatikan ketika menggosok gigi yaitu diantaranya :
  1. Pegang sikat gigi senyaman mungkin, oleskan pasta gigi. Sikat atau sapukan sikat gigi pada bagian gigi depan secara niak turun dan pelan-pelan. Menyikat gigi dengan cara yang kasar atau terlalu keras bisa menipiskan lapisan gusi dan gigi menjadi sensitif. Pelan-pelan saja dan pastikan semua kotoran bagian-bagian telah dibersihkan dengan baik.

  2. Setelah bagian depan selesai, pindah ke bagian gigi kanan kemudian bagian kiri, cara menyikatnya sama seperti di bagian depan yaitu dengan cara naik turun dari atas ke bawah.

  3. Setelah bagian depan, kanan dan kiri sudah selesai dibersihkan sekarang menuju ke bagian gigi geraham. Sapukan secara pelan-pelan dan pastikan semua kotoran tersapu bersih oleh bulu sikat dan tak ada kotoran yang tertinggal.

  4. Nah setelah gigi geraham selesai dibersihkan, kita menuju gigi bagian dalam atas dan bawah. Sikat secara pelan dan merata.

  5. Selain membersihkan gigi, jangan lupa juga bersihkan lidah dan langit-langit lidah serta bagian pipi samping kanan dan kiri. Lakukan dengan pelan saja. Membersihkan gigi dan lidah ini juga bisa mengurangi bau mulut hingga 80 persen. 

  6. Dalam menyikat gigi sebaiknya gunakan sikat yang berbulu lembut, terutama untuk gigi yang sensitif. 

  7. Ritme menggosok gigi yang baik adalah dari 8-10 gosokan dan jeda waktunya 2-3 menit.

  8. Untuk hasil yang maksimal anda juga bisa memakai obat kumur untuk membersihkan secara menyeluruh bakteri yang menempel di gigi dan gusi.

  9. Simpan sikat gigi di tempat yang bersih untuk menghindari sikat yang terinfeksi bakteri luar. Jangan lupa ganti juga sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Dan terakhir, pake sikat gigi hanya untuk seorang saja, jangan gantian ya? Hal ini untuk menghindari berpindahnya bakteri dari orang yang satu ke lainnya.
Nah demikian tadi beberapa Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar. Sudahkah anda menggosok gigi yang benar dan menjadi bagian 20% orang yang menggosok gigi secara baik dan benar.

Semoga bermanfaat.

Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda