Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Tips Agar Tiidak Mengantuk Saat di Perjalanan

Tips Atasi Mengantuk Saat di Perjalanan
Beberapa waktu yang lalu salah satu DAI kondang tanah air kita, Jeffry Al-Buqhari mengembuskan nafas terakhir setelah kecelakaan maut menimpanya. Diduga kecelakaan tersebut dikarenakan kondisi beliau sedang mengantuk sampai akhirnya menabrak trotoar jalan dan sebuah pohon.

Dari peristiwa tersebut dapat di ambil sebuah hikmah yaitu kita semua harus lebih berhati-hati lagi jika sedang dalam perjalanan. Khususnya kebiasaan mengantuk dan lelah saat berkendara. Tak jarang banyaknya kecelakaan yang terjadi adalah akibat dari mengantuk saat perjalanan.

Nah berikut ini adalah beberapa Tips Atasi Mengantuk Saat di Perjalanan :

1. Istirahat sejenak
Jika rasa kantuk mulai datang, jangan paksakan diri untuk terus berkendara. Ini sangat berbahaya, nyawa anda bisa menjadi taruhannya. Menepilah sejenak untuk beristirahat. Anda bisa tidur selama beberapa menit kemudian cuci muka. Setelah tubuh merasa bugar kembali anda bisa melanjutkan perjalanan.

2. Ngobrol atau makan di restoran
Jika mata anda sangat sulit di kompromi, berhenti sejenak lalu ngobrol-ngobrol bersama teman atau makan di restoran bisa mengatasi rasa kantuk anda. Jika kebetulan menemukan sebuah restoran atau tempat makan singgahlah terlebih dulu.

3.Ajak teman ngorbol
Kondisi mengantuk disebabkan oleh rasa bosan sehingga pikiran kosong. Untuk mengantisipasi hal ini anda bisa mengajak teman anda untuk ngobrol dan bercakap-cakap ketika di jalan. Namun jangan sampai asyik mengobrol karena ini juga berbahaya, khususnya untuk pengendara sepeda motor.

4. Bebaskan tubuh dari rasa panas.
Khusus bagi pengendara sepeda motor, untuk beberapa kasus, membuka kaca helm, membuka jaket dan sarung tangan bisa mengurangi rasa kantuk anda. Jaket dan sarung tangan yang menyelimuti tubuh anda bisa membuat anda nyaman dengan rasa kantuk anda. Dengan melakukan hal tersebut tubuh akan merasa segar kembali. Namun anda juga harus berhati-hati tidak boleh ugal-ugalan setelah melakukan hal ini.

5. Kunyah permen karet
Gerakan otot-otot mulut ketika mengunyah permen karet bisa mengurangi anda dari rasa kantuk. Namun jika rasa kantuk tersebut sudah tidak bisa di kompromi akan lebih baik jika anda berhenti sejenak untuk beristirahat.

Nah itulah tadi beberapa Tips Atasi Mengantuk Saat di Perjalanan.
Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda