Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Ini 6 Kebiasaan Sederhana Yang Menyehatkan

Ada pepatah yang bilang, 'sehat itu mahal'. Ya, nikmat sehat adalah anugerah tak ternilai yang harus selalu kita syukuri. Ketika tubuh sakit semuanya terasa tidak mengenakan. Bahkan hal-hal yang enak pun akan terasa tak enak. Coba bayangkan berapa kocek rupiah yang harus kita keluarkan ketika beberapa hari saja sakit. Dan saat sehat itulah berarti Tuhan memberikan kita anugerah nikmat yang tak ternilai harganya.

6 Kebiasaan Sederhana ini, Awal Hidup Sehat
Untuk mengawali hidup sehat ada beberapa hal yang harus anda perhatikan mulai dari gaya hidup dan pola makan yang anda konsumsi. 'Sedia payung sebelum hujan' atau istilah lain 'mencegah lebih baik daripada mengobati' adalah yang harus anda lakukan saat ini. Seperti kebiasaan-kebiasaan sederhana berikut dalam 6 Kebiasaan Sederhana ini, Awal Hidup Sehat seperti yang dikutip dari duniafitnes.com :

1. Jalan kaki 15 menit setiap hari
Ini adalah olahraga yang paling mudah dan paling murah yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Aktivitas jalan kaki dapat melancarkan aliran darah, menurunkan kolesterol dan dapat menjaga kesehatan jantung anda. Awali kebiasaan ini di pagi hari sebelum beraktifitas.

2. Rajin mencuci tangan
Mencuci tangan adalah awal kebiasaan sehat. Biasakanlah setiap hari setelah atau sebelum makan, setelah berkontak langsung dengan debu, menyentuh lumpur atau sampah dan sebagainya. Cuci tanganlah dengan baik dan benar yaitu mencuci tangan selama 20 detik memakai sabun anti-bakteri. Pastikan tangan dan jari-jari dibersihkan dengan benar, terutama pada sela-sela jari dan kuku. Kuman biasa bersarang pada area ini.

3. Higienis ketika memasak
Ketika memasak makanan untuk sajian keluarga dirumah, lakukan dengan cara yang higienis. Saat membersihkan makanan laut, daging unggas, sayuran harus benar-benar bersih. Jangan lupa juga dengan kebersihan piring yang akan digunakan untuk makan. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan dan sebagainya.

4. Sediakan obat-obatan di rumah
Sangat penting untuk menyediakan obat-obatan di rumah. Ini sebagai tindakan preventif jikalau tiba-tiba salah seorang anggota keluarga jatuh sakit. Obat-obatan di rumah bisa menjadi pertolongan pertama padanya. Jangan lupa hindarkan dari jangkauan anak-anak serta menjaga kebersihan tempat menaruh obat.

5. Pakai masker saat berkendara
Polusi di luar ruangan terutama di jalan tak dapat dhindarkan. Banyaknya debu-debu kotor, asap kendaraan atau pun industri tertentu membuat tubuh rentan terpapar radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Pakailah masker jika hendak berkendara keluar rumah.

6. Higienis ketika menggunakan toilet umum
Ketika berada di toilet umum, anda juga harus selalu melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat. Hindari menggunakan handuk toilet yang digunakan untuk mengeringkan tangan. Lebih baik gunakan tisu agar tangan steril dan terbebas dari kontaminasi kuman.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda