Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Kebiasaan Tak Sehat yang Bisa Merusak Kesehatan

Tanpa kita sadari setiap hari kita melakukan banyak sekali aktifitas mulai dari bangung tidur hingga tidur kembali. Banyak sekali kebiasaan-kebiasaan tak sehat yang bisa merusak kesehatan yang dilakukan tanpa sadari sebelumnya. Apabila terus dilakukan secara kontinyu, maka kesehatan bisa terancam dengan munculnya penyakit-penyakit berbahaya.

Kebiasaan Tidak Sehat yang Dapat Merusak Kesehatan
Kebiasaan tidak sehat tersebut mungkin bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan, beban pekerjaan, atau pun kurangnya kesadaran diri akan kebiasaan gaya hidup sehat. Berikut adalah beberapa Kebiasaan Tidak Sehat yang Dapat Merusak Kesehatan seperti yang dikutip dari duniafitnes.com :

1. Mengabaikan Sarapan
Sebagian orang banyak yang menyepelekan kebiasaan ini. Padahal selain untuk menambah energi tubuh dalam beraktifitas di siang hari, sarapan juga bermanfaat untuk menghindari beberapa penyakit, misal penyakit maag. Ketika kita melewatkan sarapan, maka di siang hari nafsu makan jadi tinggi dan membuat rakus dan lebih cenderung memakan makanan yang manis sehingga resiko terkena diabetes pun juga sangat tinggi.

2. Minum Minuman Soda
Keseringan mengkonsumsi minuman bersoda sangat beresiko terkena penyakit batu ginjal. Hal ini seperti yang dilaporkan oleh tim peneliti Brigham and Women’s Hospital, Boston, AS. Mereka menemukan bahwa partisipan yang mengkonsumsi minuman soda setidaknya 1 porsi setiap hari bisa mengakibatkan pembentukan batu ginjal  ketimbang mereka yang minum seminggu sekali. Untuk itu, kurangilah konsumsi minuman bersoda, lebih baik konsumsi air putih biasa saja.

3. Konsumsi Pil Tidur
Pil tidur akan sangat bermanfaat bagi mereka-mereka yang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Namun apabila anda mengkonsumsi secara berlebihan bisa merusak hati dan sistem metabolisme tubuh. Kesulitan tidur di malam hari sering diakibatkan karena kurang berolahraga, solusinya biasakan berolahraga selama 15-20 menit setiap hari secara teratur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

4. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Sudah tidak dapat disangkal lagi tentang pengaruh minuman beralkohol bagi tubuh. Selain akan merusak sistem saraf kognitif, minuman beralkohol juga dapat merusak fungsi hati dan bahkan hingga penurunan daya tahan tubuh dan bahkan kematian jika terlalub berlebihan.

5. Merokok
Kebiasaan tak menyehatkan ini adalah kebiasaan yang paling sering kita jumpai di mana-mana. Seseorang mengambil sebatang silinder putih dan menghisap asapnya. Merokok tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga orang lain. Kebiasaan ini akan membuat fungsi paru-paru dan jantung anda terganggu. Salah satu survey bahkan menyebutkan bahwa merokok adalah pembunuh paling banyak umat manusia abad ini.

Nah untuk itulah, biasakanlah untuk melakukan gaya hidup sehat. Tingkatkan kesadaran diri akan pentingnya kesehatan untuk hidup anda. Atur pola makan dan berolahraga setiap hari.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda