Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

7 Tips Supaya Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh lebih dari separuh penduduk dunia. Meskipun kebiasaan ini jelas tidak menyehatkan bagi tubuh bahkan di bungkus rokok pun sudah ada peringatan tentang beberapa penyakti yang ditimbulkan dari merokok namun tetap saja banyak orang yang mencoba sampai pada akhirnya mereka kecanduan.

Tips Supaya Berhenti Merokok
 Jika demikian, akan sangat sulit berhenti merokok. Mulut terasa hambar kalau tidak merokok. Padahal jika kita teliti lebih lanjut memang merokok hampir tidak ada manfaat sedikit pun kecuali mudaratnya yang begitu beragam. Selain membuat dompet terkuras, merokok juga bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya bagi tubuh.

Terus bagaimana sih caranya agar bisa berhenti merokok? Silahkan anda baca 7 Tips Supaya Berhenti Merokok berikut ini seperti yang dikutip dari nhs.uk :

1. Niat
Hal pertama yang harus anda miliki adalah niat yang sungguh-sungguh. Katakan pada diri anda bahwa mulai hari ini dan selanjutnya anda tidak akan lagi merokok atau bahkan menyentuh batang rokok lagi.

2. Buatlah deadline waktu berhenti merokok
Berikan pada diri anda sendiri tentang kapan anda akan total berhenti merokok. Bulan depan, 2 bulan lagi atau 3 bulan. Jangan pernah menunggu sebuah momen tertentu misal anda akan berhenti merokok setelah menikah atau anda akan berhenti merokok setelah punya anak. Lakukan sekarang dan saat ini juga.

3. Ubah pola makan
Bagi perokok, menghisap satu batang rokok setelah makan beberapa jenis makanan tertentu seperti daging dan junk food membuat merokok terasa sangat nikmat. Sebaliknya setelah memakan makanan seperti sayuran dan buah-buahan merokok terasa sangat tidak enak. Oleh karena itu, anda bisa mengubah pola makan dengan perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Jika anda suka stek atau burger ganti dengan pizza sayuran. Selain itu hindari pula minuman yang beralkohol dan bersoda serta menggantinya dengan minuman jus buah.

4. Pikirkan selalu akibat buruk dari merokok
Ketika anda berkeinginan untuk merokok, coba pikirkan lagi tentang efek yang ditimbulakan dari merokok. Bayangkan setiap hari anak-anak dan isteri tercinta harus anda racuni dengan asap berbahaya dari rokok yang anda hisap. Pikirkan juga macam-macam penyakit yang ditimbulkan dari merokok, mulai dari kanker mulut, penyakit jantung dan lain-lain.

5. Perbanyak olahraga
Sebuah penelitian menerangkan bahwa berolahraga atau latihan yang dilakukan secara rutin setiap hari mampu mengurangi keinginan anda merokoks serta memproduksi keinginan anti-rokok dalam pikiran anda.

6. Mulai bergaul dengan non perokok
Ketika anda memutuskan untuk berhenti merokok, katakan dengan jelas pada teman perokok anda bahwa anda benar-benar ingin berhenti merokok. Cobalah pula bergaul dengan orang-orang non-perokok, cobalah lihat betapa bodohnya seseorang dengan menghirup tabng putih sambil menghisap asap.

7. Buatlah daftar alasan berhenti merokok
Selalu ingatkan diri sendiri ketika anda merasa sedikit menyerah. Buatlah daftar alasan dan membacanya ketika anda membutuhkan dukungan motivasi. Seorang mantan perokok bernama Chris, 28 thn, mengatakan, "Aku biasa mengambil potret poto saya dan putri saya tercinta ketika aku pergi keluar. Jika aku tergoda, aku lihat itu."

Nah itulah tadi  7 Tips Supaya Berhenti Merokok. Jika niat anda benar bersungguh sungguh serta mengiuti ke tujuh step di atas maka secepatnya anda akan meninggalkan kebiasaan aneh menghisap tabuh putih tak berguna tersebut.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda