Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Tips agar Anak Anda Menjadi Cerdas

Tips agar Anak Cerdas
Anak yang cerdas merupakan impian semua orangtua, para orangtua tentu saja ingin agar anak mereka cerdas. Beberapa cara pun dilakukan sejak sedini mungkin agar membuat si anak lebih cerdas. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan si kecil, berikut adalah diantaranya seperti yang dikutip dari duniafitnes.com.

1. Berikan ASI eksklusif
Jika si kecil masih berumur jagung atau masih bayi. Segera cukupi kebutuhan ASI eksklusif bagi si kecil. Kebutuhan ASI eksklusif bagi bayi sangat penting untuk tingkat kecerdasannya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark menyatakan bahwa memberikan ASI eksklusif selama 9 bulan membuat anak memiliki kecerdasan yang lebih bagus daripada anak yang diberikan ASI satu atau dua bulan di bawahnya.

2. Penuhi Kebutuhan Gizi
Sedari kecil, biasakan anak anda mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan sebisa mungkin menghindari makanan cepat saji atau junk food. Di masa pertumbuhannya, otak si kecil memerlukan nutrisi asam lemak Omega-3 untuk pertumbuhan otaknya. Sebuah studi membuktikan bahwa anak yang menyantap makanan  ikan seperti, tuna, salmon, dan cod memiliki tingkat kecerdasan yang lebih bagus daripada mereka yang tidak.

3. Kenalkan Musik
Musik sangat bermanfaat untuk perkembangan otak kanannya. Kecerdasan otak kanan ini merupakan sebuah kunci kesuksesan seseorang ketimbang kemampuan otak kiri yang brilian.

4. Membaca
Membaca adalah salah satu cara untuk mengembangkan pikiran anak. Dengan aktivitas membaca, secara tidak langsung anak-anak bisa memainkan kedua belah otaknya yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kiri untuk mengingat dan memahami sedangkan otak kanan yang mengilustrasi. Kombinasi kinerja kedua otak ini membuat seorang anak memiliki kecerdasan yang luar biasa.

5. Olahraga
Sebuah penelitian dilakukan oleh University of Illinois yang menyatakan bahwa kebugaran fisik seseorang menentukan prestasi akademiknya. Dengan kondisi tubuh yang bugar karena sering berolahraga bisa membuat aliran darah dan oksigen ke otak menjadi lancar dan menentukan kemampuan kepandaian seseorang dalam mengerjakan soal-soal di sekolah maupun di rumah.

6. Sarapan
Kebiasaan sarapan juga merupakan kebiasaan yang baik untuk anak anda. Sarapan dapat meningkatkan memori dan konsentrasi saat belajar. Seseorang yang tidak terbiasa sarapan pagi akan mudah lelah dan sulit berkonsentrasi di sekolah. Cukupilah kebutuhan nutrisi yang cukup saat pagi hari dengan sarapan yang bergizi.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda