Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

7 Penyebab Hidung Mimisan

Mimisan atau yang disebut nasal hemorrhage adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah berkumpul di dalam hidung dan karena kondisi tertentu baik karena terluka, alergi atau penyebab lain sehingga pembuluh darah pecah dan meluap keluar melalui hidung. Sebagian orang menganggap mimisan sebagai sesuatu yang menakutkan, namun sebenarnya apa sih mimisan itu sendiri dan apa penyebabnya.

7 Penyebab Hidung Mimisan
Nah berikut ini adalah beberapa penyebab hidung mimisan seperti yang dilansir dari vemale.com :

1. Alergi
Untuk beberapa kasus, mimisan bisa disebabkan oleh suatu alergi. Pembuluh kapiler di dalam hidung terbuka dan mengeluarkan darah yang kemudian mengalir melalui hidung.

2.Perubahan cuaca ekstrem
Kemampuan seseorang yang tidak tahan dengan perubahan cuaca yang sangat ekstrem bisa memicu terjadinya mimisan. Area hidung menjadi sangat kering dan terjadi iritasi sehingga terjadilah mimisan.

3. Tekanan darah naik
Penderita darah tinggi juga dapat memicu terjadi mimisan. Yang paling banyak terjadi adalah bagi para wanita atau ibu-ibu yang tengah hamil. Hal ini sebaiknya anda konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut sehingga tidak mengganggu kehamilan dan atau membuat kecemasan-kecemasan.

4. Saat flu
Flu yang berat membuat seseorang sering memaksa mengeluarkan ingus dari hidung. Ketika membuang ingus sebaiknya jangan terlalu keras. Hal ini dapat memicu terjadinya mimisan.

5. Penderita sinus
Untuk beberapa kasus, mimisan juga terjadi bagi penderita sinus pada situasi tertentu. Ketika saat mimisan darah berwarna gelap dan mengeluarkan aroma tak sedap, maka sebaiknya anda konsultasikan kepada dokter untuk pertolongan lebih lanjut. Mungkin saja ini mengindikasikan adanya infeksi atau tumor.

6.Gejala penyakit tertentu
Ada beberapa kondisi tertentu seperti misalnya bagi penderita leukimia yang kadang mengalami mimisan diserta sakit kepala. Pada umumnya sudah ada obat tertentu untuk mengendalikan mimisan pada penderita leukimia. Apalagi jika mimisan disertai muntah-muntah darah maka ada baiknya anda langsung mengkonsultasikan ke dokter.

So, anda tak perlu khawatir, tidak semua mimisan itu mengindikasikan adanya penyakit parah. Anda bisa konsultasikan hal ini kepada dokter.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda