Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

5 Tips Gampang Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala adalah salah satu penyakit ringan yang dialami oleh semua orang. Dalam istilah medis, penyakit ini dikenal dengan nama cephalalgia. Walau pun bukan penyakit berbahaya dan terlihat sepele namun apabila dibiarkan bisa menggangu aktivitas anda.

5 Tips Mudah Mengatasi Sakit Kepala
Untuk mengatasinya, anda bisa meminum obat-obatan pereda sakit kepala. Namun tanpa obat pun anda bisa mengatasi rasa sakit ini. Seperti ke-5 Tips Mudah Mengatasi Sakit Kepala berikut ini yang dikutip dari HealthKompas.

1. Pijatan
Tips pertama adalah anda bisa memberikan beberapa pijatan ke daerah sekitar kepala. Berikan pijatan ke daerah pelipis, leher, punggung, dan bahu. Lakukan dengan pelan-pelan dan jangan terlalu keras. Relaksasikan tubuh anda.

2. Peregangan
Lakukan gerakan-gerakan peregangan untuk mengurangi otot-otot yang tegang. Diantaranya seperti gerakan leher (dagu bergerak ke depan, samping dan belakang). Gerakan bahu (Gerakkan bahu ke arah depan, belakang dan depan-belakang). Serta gerakan leher isometrik (tangan menekan pada setiap sisi kepala). Lakukan masing-masing latihan di atas selama 20 menit. Tahan peregangan serta relaksasi selama 5 detik, ulangi latihan peregangan hingga 3-5 kali.

3. Terapi panas dan dingin
Untuk melemaskan otot-otot yang tegang pada bagian kepala,  anda bisa melakukan cara terapi dengan panas dingin. Ketika leher terasa tegang, anda bisa memberikan sensasi panas pada daerah belakang leher. Ketika sakit kepala, anda bisa menempelkan es ke daerah pelipis.

4. Meditasi
Meditasi adalah sebuah teknik untuk memfokuskan pikiran kedalam sebuah ketenangan atau kedamaian. Sebuah penelitian dilakukan oleh Johns Hopkins School of Medicine di Baltimore yang meneliti pengaruh meditasi terhadap migran. Hasilnya adalah meditasi dapat mengurangi frekuensi dan tingkat sakit kepala migrain serta dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Riset kecil juga menunjukan adanya pengurangan frekuensi sakit kepala dan rasa nyeri.

5. Akupunktur
Akupuntur adalah sebuah metode penyembuhan yaitu ditusukan sebuah jarum ke bagian bawah lapisan kulit untuk mengontrol kembali aliran energi dalam tubuh. Sebuah penelitian membuktikan bahwa akupuntur bermanfaat mengurangi rasa sakit kepala serta mencegah migren dengan ejek samping sedikit.

Nah itulah tadi beberapa Tips Mudah Mengatasi Sakit Kepala. Semoga rasa nyeri di kepala bisa segera sembuh. Kalau tak kunjung membaik segera hubungi dokter untuk pertolongan lebih lanjut.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda