Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

6 Tips agar Otak Tetap Cerdas

6 Tips agar Otak Tetap Cerdas
Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak seseorang mengalami penurunan. Tapi benarkah ya itu? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Virginia melibatkan 2.000 pria dan wanita berusia antara 18-60 tahun selama tujuh tahun meneliti tentang penurunan kemampuan kinerja otak dalam usia tertentu.

Dalam penelitian tersebut menghasilkan bahwa seseorang yang usianya telah beranjak ke 27 tahun memiliki penurunan dalam penalaran dan pemecahan masalah. Masalah gangguan kemampuan otak ini memang mulai muncul sejak usia di atas 20 tahun. Kemampuan ini hanya sebatas terganggunya proses pemanggilan memori atau istilahnya agak lamban berfirik, telmi (telat mikir), atau bahkan lupa sama sekali. Sementara untuk kinerja otak sama saja.

Tapi anda tak perlu khawatir, 6 tips-tips di sehat di bawah ini dapat menjaga fungsi otak agar tetap berfungsi optimal seperti yang dikutip dari duniafitnes :

1. Selalu aktif
Penurunan kemampuan kinerja otak juga karena kurangnya minat dan antusiasme kita terhadap sesuatu yang kita pelajari. Dengan selalu bersikap aktif,antusias dan memiliki kebugaran tubuh akan membuat kinerja otak pun membaik.

2. Konsumsi Omega-3
Makanan kaya antioksidan seperti buah dan sayur-sayuran berwarna cerah serta asam lemak Omega-3 dari ikan dan minyak zaitun sangat baik untuk nutrisi otak.

3. Jangan hanya mengandalkan gadget
Jangan hanya mengandalkan teknologi untuk mengerjakan hal-hal seperti menghitung bilangan, menerjemahkan teks, mengingat hari-hari penting dan sebagainya. Sesekali pakailah otak anda untuk mengerjakan semua itu. Biasakanlah otak anda berpikir dan menganalisa.

4. Bermain dan bersantai
Bermain permainan dalam video game atau permainan yang menantang lainnya akan memperkuat dan melatih otak sertaa meningkatkan konsentrasi. Namun perlu diperhatikan bermain game juga harus ada aturannya, yaitu game yang sifatnya menatang mulai dari kesulitan pada tahap1, tahap 2, tahap 3 dan seterusnya. Sehingga otak anda akan berpikir dan berkonsentrasi. Selain itu aktifitas seperti bersantai, entah itu berlibur atau pun sejenak jalan-jalan melihat pemandangan akan membuat pikiran lebih fresh.

5. Tidur yang cukup
Waktu tidur yang kurang akan mempengaruhi kinerja otak anda, seperti layaknya manusia, otak juga perlu berstirahat sejenak. Dengan waktu tidur yang cukup sel-sel otak akan kembali aktif dan bisa menyerap serta mempelajari sesuatu lebihbanyak.

6. Pikirkan dan visualisasikan
Anda bisa memikirkan sesuatu dengan memvisualisasikan benda tersebut. Misal anda menghafal point-point pelajaran. Anda bisa memvisualisasikan point-point tersebut kedalam sebuah benda. Misal ada point peran internet yaitu sebagai alat bantu manusia dalam mempelajari suatu hal. Anda bisa memvisualisikan internet menjadi sebuah bola bumi raksasa  serta gambar manusia,dan apa pun itu sesuai apa persepsi orang terhadap hal tersebut.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda