Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Turkana, Danau Gurun Terbesar di Dunia yang Sangat Indah

Ketika berdiri di tepi Danau Turkana, Anda mungkin berpikir bahwa Anda sedang berada di pantai. Di sini, angin bertiup cukup kencang dan beberapa perahu nelayan tampak tertambat di pinggiran danau.

Namun, Turkana bukanlah pantai, melainkan danau gurun terbesar di dunia dengan luas mencapai sekitar 7.000 km persegi. Masyarakat setempat menyebutnya Laut Jade karena warna pirusnya yang memesona.


Danau Turkana terletak di utara Rift Valley di Kenya, dan dialiri oleh tiga sungai: Omo Etiopia, Turkwel dan Kerio. Danau ini memiliki kedalaman mencapai 30 meter. Antara empat dan delapan ribu tahun yang lalu, Danau Turkana membentang lebih dari 400 kilometer dari lembah Omo hampir sejauh Baringo.


Meskipun berada di gurun, Danau Turkana memiliki hembusan angin yang cukup kuat dan badai sewaktu-waktu bisa datang dengan cepat. Danau ini juga dikelilingi oleh padang tandus yang gersang, dengan lanskap yang seperti tidak memiliki kehidupan. Walau begitu, danau ini adalah rumah bagi populasi hewan seperti buaya, kuda nil, ratusan spesies burung dan ikan.

 
Pantai berbatu adalah rumah bagi kalajengking dan ular berbisa karpet. Pantainya telah mengungkapkan fosil tertua terkenal sisa Homo habilis yang hidup dua juta tahun yang lalu. Hari ini, nyawa lebih dari seperempat juta masyarakat adat dari setidaknya sepuluh suku tergantung pada danau untuk tanaman mereka makanan, penggembalaan ternak dan penyiraman, dan memancing.
[des]


sumber |  | http://www.merdeka.com/gaya/turkana-danau-gurun-terbesar-di-dunia.html
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda