Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Negara Seluas China Cuma Punya Satu Zona Waktu


NEGERI Tirai Bambu dikenal sebagai salah satu negara dengan wilayah terluas di dunia. Negara ini memiliki lebar hingga 5.200 kilometer. Dengan kondisi tersebut, China seharusnya memiliki lima zona waktu berbeda, mengingat Amerika Serikat saja memiliki empat zona waktu.

Namun, China hingga saat ini hanya menerapkan satu zona waktu nasional. Sejak Perang Saudara di China pada 1949, negara ini menetapkan zona waktu nasional untuk semua daerah. Alasan penggunaan satu zona waktu ini adalah kepentingan politik negara.

Dengan perbedaan waktu yang sebenarnya sangat jauh, maka dalam satu waktu, pemandangan di setiap daerah pun berbeda. Misalnya, ketika penduduk Beijing sudah menikmati pemandangan matahari terbit, penduduk Xinjiang harus sabar menunggu terbitnya matahari dua jam kemudian.

Penggunaan satu zona waktu nasional ini masih hingga sekarang. Walaupun Xinjiang telah menetapkan satu zona waktu sendiri, yakni dengan memperlambat waktu dimulainya hari hingga dua jam setelah Beijing memulai harinya. Namun, Pemerintah China tidak mengakui pembagian zona waktu tersebut.


sumber  http://travel.okezone.com/read/2013/04/10/544/789379/negara-seluas-china-hanya-punya-satu-zona-waktu

Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda