Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Berjalan Kaki Dapat Mengusir Stres lohh

http://bigcendol.blogspot.com/2013/08/berjalan-kaki-dapat-mengusir-stres-lohh.html Berjalan kaki memiliki manfaat yang banyak, diantaranya menangkal obesitas, membakar kalori, serta mengurangi risiko serangan jantung. Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata berjalan kaki juga bisa menghilangkan stres?

Dikutip dari Huffington Post, menurut beberapa penelitian, jalan kaki di pagi maupun sore hari mampu mengusir rasa stres. Anda tak perlu berjalan hingga berkilo-kilo meter, cukup dengan berjalan kaki santai di sekitar rumah atau taman. Berikut ini beberapa penjelasan mengapa berjalan kaki bisa mengurangi stres.

1. Menempatkan Otak dalam Tahap Meditasi
Jalan-jalan santai bisa membuat otak Anda lebih tenang. Penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa berjalan di taman atau sekitar lingkungan yang hijau dan penuh pepohonan, dapat menempatkan otak ke dalam keadaan meditasi. Tentunya dengan melakukan ini bisa membantu Anda mendapatkan manfaat kesehatan, seperti  menenangkan pikiran dan meningkatkan kesadaran.

2. Berjalan di Luar Ruangan
Berjalan di luar ruangan diklaim bisa meningkatkan memori dan konsentrasi sebesar 20 persen. Dengan menghabiskan banyak waktu di ruang terbuka juga bisa menghilangkan stres. Tak ada salahnya Anda mencoba berjalan di luar ruangan selama 20-30 menit.

3. Meningkatkan Endorfin
Jalan cepat bisa meningkatkan endorfin, mengurangi depresi dan hormon stres. Lakukan olahraga ini secara teratur agar suasana hati dan kepercayaan diri kembali meningkat.

4. Mengurangi lelah
Berdasarkan penelitian di tahun 2008, setelah mengikuti program latihan berjalan, akan terjadi peningkatan energi yang signifikan terhadap individu pemilik gaya hidup. Energi mereka meningkat sebesar 20 persen dan rasa lelah juga bisa berkurang hingga 65 persen.

5. Jalan kaki dengan Teman Manfaatnya Lebih Besar
Jika Anda berjalan kaki dengan teman, ternyata manfaatnya lebih besar untuk mengurangi stres. Anda juga bisa melakukannya dengan keluarga mauoun komunitas.
Sebab, dukungan dari mereka diketahui bisa meningkatkan ketahanan terhadap stres dan megurunai hormon stres kortisol.
 

dari: http://wolipop.detik.com/read/2013/04/06/120455/2213171/1135/berjalan-kaki-bisa-usir-stres
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda