Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Mantan Mata-mata Korut yang Ledakkan Pesawat Korsel

http://bigcendol.blogspot.com/2013/08/mantan-mata-mata-korut-yang-ledakkan.html
Setelah lama menghilang, eks mata-mata Korea Utara (Korut) muncul dalam pemberitaan media. Selama ini, wanita bernama Kim Hyun-hee tersebut bersembunyi di Korea Selatan (Korsel) setelah mendapat pengampunan dari pemerintah Korsel atas perbuatan kejinya.

Kim dulunya merupakan agen mata-mata Korut yang terlibat dalam pengeboman pesawat Korsel tahun 1987. Seluruh penumpang dan kru pesawat yang berjumlah 115 orang tewas ketika itu.

Kim yang kini berumur 51 tahun, mendapat hukuman mati atas pengeboman tersebut. Namun dia kemudian diampuni oleh pemerintah Korsel yang menganggap dirinya telah dicuci otak oleh pemerintah Korut.

Dalam wawancara yang dilakukan dari sebuah lokasi di Korsel yang tidak disebutkan, Kim menceritakan bagaimana dirinya direkrut menjadi mata-mata Korut.

Kepada media Australian Broadcasting Corporation (ABC), Kim mengungkapkan dirinya dipilih untuk menjadi mata-mata oleh para pejabat partai yang datang ke sekolahnya dengan menggunakan sedan hitam.

Mereka menyuruhnya untuk berkemas dan membiarkannya menghabiskan malam terakhir bersama keluarganya. Mereka kemudian memberinya nama baru dan membawanya ke sekolah mata-mata di daerah pegunungan. Di situ, Kim mendapatkan pelatihan bela diri, senjata dan bahasa-bahasa.

"Saya bahkan tak dibolehkan berpamitan kepada teman-teman saya," ujar Kim seperti dilansir harian Telegraph, Kamis (11/4/2013).

"Di Korut, saya diajarkan bahwa pemimpin pendiri bangsa kami Kim Il-sung adalah tuhan. Kita diajarkan untuk mendahulukan dia daripada orangtua kita. Anda diajari sejak kecil untuk mengatakan 'Terima kasih, pemimpin besar untuk semuanya," tutur Kim.

Dikatakan Kim, setelah delapan tahun menjalani pelatihan, dirinya dipilih untuk misi meledakkan pesawat Korean Air. Plot ini disebut-sebut dirancang untuk menakut-nakuti warga asing sehingga tidak menghadiri pesta olahraga Olimpiade tahun 1988 di Seoul, Korsel.

Untuk misi ini, Kim pun dipasangkan dengan mata-mata Korut lainnya, Kim Seung-il. Keduanya menyamar sebagai ayah dan anak yang menjadi turis Jepang. Mereka menaiki pesawat Korsel tersebut di Baghdad, Irak dan menanam bom waktu dalam radio transistor dan meledakkannya 9 jam kemudian.

Keduanya turun dari pesawat saat transit di Abu Dhabi. Bom pun meledak ketika pesawat tersebut tengah terbang ke Seoul, Korsel. Kim dan rekannya kemudian ditangkap saat mereka mencoba meninggalkan Bahrain. Keduanya ditangkap karena ketahuan menggunakan paspor.

Ketika mereka sedang diperiksa, Kim dibujuk rekannya, Kim Seung-il untuk menelan racun sianida yang disembunyikan dalam rokok. Namun nyawa Kim berhasil diselamatkan sementara rekannya tewas. Kim pun diadili dan dihukum mati di Korsel. Setelah melintasi jalanan di Seoul, Kim mulai menyadari bahwa dirinya telah dicuci otaknya di Korut. Kim pun mendapat pengampunan dari pengadilan Korsel.

"Saya menyesali apa yang saya lakukan. Saya rasa saya tak bisa menyembunyikan kebenaran dari para anggota keluarga mereka yang tewas," tandasnya.

Kim kini telah menikah dan dikarunia dua anak. Kim menikah dengan salah seorang petugas yang mengawalnya. Hingga saat ini, kediaman Kim di sebuah lokasi di Korsel masih terus dijaga petugas karena khawatir terjadinya serangan Korut.


sumber | | http://news.detik.com/read/2013/04/11/154245/2217779/1148/ini-dia-kim-hyun-hee-eks-mata-mata-korut-yang-ledakkan-pesawat-korsel?991101mainnews
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda