Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Korut Punya Pabrik Mobil Sendiri

http://bigcendol.blogspot.com/2013/08/korut-punya-pabrik-mobil-sendiri.html

Korea Selatan bukan satu-satunya wilayah di semenanjung Korea yang punya pabrikan automotif, saudara mereka, Korea Utara dikabarkan juga punya merek dagang automotif, bernama Pyeonghwa (Damai, dalam bahasa Korea) Motors. Ditemukan tahun 1999 lalu oleh Sun Myung Moon yang berasal dari Korea Selatan dan Ryonbong General Corporation dari pemerintahan pusat. 

Meskipun dikatakan telah bubar, Pyeonghwa Motors masih menjadi satu-satunya perusahaan automotif yang memiliki hak untuk membangun, membeli, dan menjual mobil di Korea Utara.

Dikabarkan juga, seperti dilansir Carscoops (8/4/13), meski tidak pernah mendulang sukses ataupun mendapat keuntungan, kehadirannya dianggap hanya sebagai peralatan diplomatis untuk menghaluskan hubungan di antara kedua negara yang masih berseteru.

Kenyataannya, walaupun mereka mengatakan kapasitas produksinya bisa mencapai 10.000 unit, ha

nya 314 unit yang menjadi nyata pada tahun 2003 lalu, sementara ekspektasinya untuk di tahun 2005 mencapai 400 unit.

Pyeonghwa sempat membangun beberapa model mobil, termasuk di antaranya adalah penggantian lambang pada SsangYong Chairman, yang juga merupakan versi terbaru dari W210 Mercedes-Benz E-Class. Mobil lain yang dibangun berada dalam naungan Brilliance dari China, basis produksi Toyota Hi-Ace, sekaligus model Fiat. 

Pada akhirnya Pyeonghwa Motors tidak lebih dari sekedar perusahaan patungan, mereka tidak pernah membangun mobil mereka sendiri. Dengan alasan itu juga kita tidak akan merasa kehilangan karena berakhirnya 12 tahun usia Pyeonghwa Motors dari dunia automotif pada bulan November 2012. (ian)


sumber | http://autos.okezone.com/read/2013/04/10/52/789563/pyeonghwa-motors-satu-satunya-pabrikan-mobil-di-korut
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda