Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Tenyata Cokelat Berbahaya Buat Anjing

Apakah Anda memelihara anjing di rumah? Atau suka bermain dengan anjing tetangga? Jangan sampai asal memberi makanan, bisa saja makanan yang Anda beri membahayakan anjing Anda. Salah satu makanan yang mematikan anjing adalah cokelat.

Pesan dari U.S. Food and Drug Administration yang dikutip dari Health, Senin (15/4/2013), ini hal penting untuk sekarang karena cokelat sisa Paskah mungkin masih banyak di rumah.

Menurut FDA Center for Veterinary Medicine, cokelat mengandung zat theobromine yang mirip kafein dan pada tingkat tertentu bisa jadi racun bagi anjing. Jumlah minimun theobromine yang berbahaya bagi anjing berkisar 46-68 miligram per pon (mg/lb).

Setengah dari anjing-anjing yang mengonsumsi theobromine, sebanyak 114-228 mg/lb atau lebih akan mati. Sejumlah faktor menentukan apakah anjing akan bereaksi terhadap racun, termasuk takaran, jumlah cokelat yang dimakan, dan apakah sangat sensitif terhadap theobromine.

Jenis cokelat juga penting karena jumlah theobromine yang dikandung berbeda. Cokelat susu mengandung 704 mg/lb, cokelat yang tidak terlalu manis mengandung 2400 mg/lb, dan cokelat panggang mengandung 6240 mg/lb.

Theobromin yang menjadi racun di dalam tubuh anjing bisa menyebabkan sejumlah gejala ringan sampai berat. Termasuk muntah, diare, jantung berdebar, gelisah, hiperaktif, meningkat buang air kecil, kejang otot, dan kejang-kejang.

Center for Veterinary Medicine menyarankan agar segera menghubungi dokter hewan, jika sudah terlanjur memberi cokelat ke anjing.(Zul/Mel)

sumber | http://health.liputan6.com/read/561578/cokelat-bisa-mematikan-buat-anjing
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda