Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Kata Dokter: Jika Menahan Kentut Berbunyi dan Tidak Berbunyi

Seperti halnya tertawa, tiap orang punya cara berbeda dalam mengekspresikan gas pembuangan dari dalam perut alias kentut. Perbedaan tersebut juga tidak stabil. Misalnya terkadang kentutnya berbunyi dan ada kalanya tak berbunyi. Sebenarnya apa yang mempengaruhi perbedaan ini?

"Kentut memang ada yang bunyi dan ada yang tidak, namun tidak berbahaya. Perbedaannya hanya ada pada bagaimana orang tersebut mengeluarkannya," kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, praktisi klinis dari Universitas Indonesia kepada detikHealth, Jumat (19/4/2013).

Kentut merupakan kumpulan gas hasil metabolisme usus. Gas tersebut perlu dibuang atau dikeluarkan sebab merupakan residu dari proses alami tubuh. Gas perut yang dikeluarkan lewat kentut bisa berasal dari udara yang ikut tertelan saat makan, namun sebagian besar berasal dari makanan yang dicerna secara secara alami oleh tubuh.

Munculnya suara kentut disebabkan karena adanya getaran saat gas dari perut dikeluarkan lewat lubang anus yang sempit. Nyaring atau tidak suaranya ditentukan pada kecepatan gas yang dikeluarkan. Terkadang faktor anatomi tubuh juga ikut mempengaruhi terjadinya bunyi saat kentut.

"Jika dilakukan dengan cepat dan tiba-tiba, maka otomatis kentut akan mengeluarkan bunyi. Namun jika dilakukan secara perlahan, kentut yang keluar bunyinya akan sedikit atau bahkan tidak keluar bunyi sama sekali," terang dr Ari.

Dengan kata lain, bunyi tidaknya kentut sebenarnya bisa dimanipulasi dengan cara mengatur otot-otot pengeluaran pada pantat. Namun memang ada kalanya gas buang yang dihasilkan begitu besar sehingga memenuhi perut dan harus dikeluarkan dengan segera. Jika ini terjadi, pastikan Anda tidak sedang di depan umum.


sumber | http://health.detik.com/read/2013/04/19/172415/2225355/763/kentut-berbunyi-dan-tidak-berbunyi-ini-yang-bikin-beda
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda