Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

NASA akan Kirim Rover ke Daratan Es Greenland

Jika mendengar kata "rover milik Badan Antariksa Amerika Serikat", tentu kita akan membayangkan misi perjalanan ke Mars seperti yang dilakukan Curiosity. Tapi ternyata NASA tak hanya mengirim kendaraan robotik atau rover ke luar angkasa, tapi juga ke daratan penuh es, Greendland.

Dilansir dari laman Slash Gear, Jumat (3/5/2013), rover bernama GROVER ini akan menjelajahi kawasan es yang masuk dalam wilayah Denmark. GROVER sendiri kepanjangan dari Greenland Rover atau Goddard Remotely Operated Vehicle for Exploration and Research.

GROVER akan dilengkapi dengan panel bertenaga matahari di dua sisinya. Rover ini juga akan dilengkapi radar penetrasi permukaan atau ground penetrating radar untuk menganalisis beda permukaan es, juga untuk memelajari bagaimana terbentuknya permukaan es dari waktu ke waktu.

Proyek ini sendiri dilakukan akibat pesatnya perubahan yang terjadi di Greenland, yang diakibatkan pemanasan global. Bahkan diketahui es yang meleleh di Greenland mencapai 97 persen di permukaan. Saat ini, prototipe ini sudah diujicoba di kawasan bersalju Idaho, AS.

Hal menarik dari GROVER adalah, proyek ini dibuat oleh para pelajar yang mengikuti program kemah teknologi di Goddard Space Fliht Center milik NASA. Perkembangan proyek ini selesai dilakukan pada musim panas 2010 dan 2011 lalu.

NASA pun memprediksi proyek ini tak akan butuh dana besar. Sebab pendaratan GROVER tak membutuhkan pesawat luar angkasa layaknya Curiosity saat mendarat di Mars. Pendaratan hanya membutuhkan pesawat dan mobil salju.

Sayangnya belum diketahui kapan proyek ini akan mulai dilakukan. (gal)

A prototype of GROVER, minus its solar panels. The student-designed rover is studying the two-mile thick sheet of ice at the Summit Camp in Greenland to see what damage is being caused by global warming

Students from a Nasa Goddard summer engineering boot camp test two prototypes of GROVER at a beach in Asseteague Island, Maryland in 2011. The prototype in front is similar to the one NASA is testing in Greenland this month

GROVER will crawl at an average speed of 1.2mph. A built-in radar sends radio wave pulses into the ice sheet, and the waves bounce off buried features, informing researchers about the characteristics of the snow and ice layers


sumbe2  | http://tekno.liputan6.com/read/577769/tak-hanya-ke-mars-nasa-pun-kirim-rover-ke-daratan-es-greenland
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda