Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Petunjuk Pola Makan Yang Benar

Bigcendol ~  Apa yang kita makan seharusnya tidak cuma mengenyangkan tapi juga menyehatkan. Apalagi pola makan berpengaruh besar bagi kesehatan pencernaan, salah satu benteng imunitas tubuh. Supaya pencernaan selalu terjaga, ketahui "rambu-rambu" pola makan yang benar.

http://bigcendol.blogspot.com/2013/02/petunjuk-pola-makan-yang-benar.html
1. Sedikit produk susu
Jika Anda menderita laktosa intoleran, itu berarti tubuh Anda tidak bisa mencerna gula susu dalam produk-produk susu. Padahal kandungan gizi dalam segelas susu sudah lengkap. Untuk menyiasatinya, kini sudah tersedia produk enzim yang membantu tubuh memecah laktosa. Namun dalam kasus yang ekstrem mungkin Anda perlu menghindari produk susu.

2. Kurangi gula
Gula yang berlebihan adalah makanan jamur dan bakteri jahat di saluran cerna. Hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan antara jamur, bakteri jahat, dan bakteri baik. Kondisi tersebut juga menekan sistem kekebalan tubuh.

3. Porsi kecil
Konsumsi makanan dalam porsi kecil, lima kali sehari akan membantu kerja sistem pencernaan.

4. Cukupi air
Cukup cairan akan membuat sisa metabolisme dan racun-racun dapat dikeluarkan dengan lancar. Jadi, jangan malas minum air putih.

5. Waspada makanan pemicu gas
Bila Anda sering mengalami gangguan pada perut, seperti kembung atau gampang buang gas, sebaiknya hindari makanan yang memicu gas di perut, seperti sayuran keluarga kol atau kafein.

6. Kunyah perlahan
Pencernaan yang sehat dimulai dari mulut. Kunyahlah perlahan-perlahan sehingga makanan akan tercampur enzim air liur sebelum masuk ke dalam usus.

7. Konsultasi ahli
Bila Anda memiliki tujuan tertentu, seperti sedang dalam upaya penurunan berat badan, menderita penyakit, atau mengembalikan kondisi gizi setelah sakit, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan pola makan yang tepat.


Baca Juga:
sumber: http://health.kompas.com/read/2013/02/08/11275491/Pola.Makan.Cerminkan.Kondisi.Pencernaan
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda