Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Ditemukan Makhluk Purba dengan Kaki di Kepala


CAMBRIDGE, HanifaNews.comPaleontolog menemukan fosil makhluk laut purba yang berusia 520 juta tahun dan mempunyai kakinya berada di kepala. Makhluk itu berasal golongan arthropoda (hewan dengan kaki beruas-ruas). Alat gerak dan sistem saraf itu masih sama-sama primitif. Para ilmuwan menyebutnya fuxhianhuiid.



Menurut para peneliti, kaki yang berada di kepala itu selain digunakan untuk bergerak juga digunakan untuk memegang makanan yang akan dimasukkan kedalam dalam mulut. Beberapa golongan arthropoda saat ini juga memiliki alat gerak di kepala. Ditemukannya fuxhianhuiid akan membantu paleontolog dan biolog menguraikan proses evolusi golongan arthropoda dengan kaki di kepala.



Fuxhianhuiid hidup pada masa sebelum arthropoda-arthropoda daratan muncul akibat migrasi dan evolusi arthropoda laut ke darat. Masa tersebut disebut ledakan Cambrian, ketika banyak organisme multiseluler muncul dan berevolusi menjadi lebih kompleks.

Fosil fuxhianhuiid sebenarnya pernah ditemukan sebelumnya, tetapi dalam kondisi yang kurang sempurna. Ortega-Hernandez berhasil mengekskavasi fosil ini dari situs kaya fosil di China, sekitar wilayah Kunming, disebut Xiaoshiba.



Fuxhianhuiid diduga menghabiskan sebagian besar waktunya di dasar laut untuk mengais makanan. Makhluk ini juga diperkirakan bisa berenang dalam jarak pendek. Menurut ilmuwan, makhluk ini berevolusi dari cacing berkaki.



"Fosil ini adalah jendela terbaik untuk melihat hewan dalam fase yang paling primitif," kata Ortega-Hernandez seperti dikutip Livescience, Rabu (27/2/2013).



Sumber : LiveScience, Kompas
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda