Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Sekilas Tentang Mozilla Corporation


Mozilla Corporation (juga disingkat MoCo) adalah anak perusahaan penuh dari Mozilla Foundation yang berkoordinasi dan berintegrasi dalam pengembangan aplikasi internet seperti browser Mozilla Firefox dan SeaMonkey Navigator serta email client Mozilla Thunderbird. Tidak seperti Mozilla Foundation yang nirlaba, Mozilla Corporation merupakan perusahaan profit yang terkena pajak perusahaan. Mozilla Corporation menginvestasikan sebagian atau bahkan seluruh keuntungan mereka kembali kepada proyek open source Mozilla. Mozilla Corporation menyatakan mereka bertujuan memenuhi target kepentingan publik dari Mozilla Foundation untuk “Mempromosikan pilihan inovasi pada internet.”

Pembentukan



Mozilla Corporation didirikan pada tanggal 3 Agustus 2005 untuk menangani segala kegiatan Mozilla Foundation yang memiliki pendapatan. Sebagai organisasi nirlaba, Mozilla Foundation memiliki keterbatasan dalam hal jenis dan jumlah pendapatan. Namun Mozilla Corporation, sebagai perusahaan yang dikenai pajak, tidak memiliki kewajiban untuk patuh terhadap aturan tersebut. Pada awal pendiriannya, Mozilla Corporation mengambil alih beberapa area penanganan Mozilla Foundation, termasuk koordinasi dan integrasi pengembangan Firefox dan Thunderbird dan manajemen yang berhubungan dengan bisnis.



Dengan didirikannya Mozilla Corporation, sisa dari Mozilla Foundation menyempitkan fokus mereka untuk berkonsentrasi pada masalah kebijakan dan penguasaan proyek Mozilla. Pada November 2005, dengan dirilisnya Mozilla Firefox 1.5, situs web Mozilla Corporation di mozilla.com diumumkan sebagai halaman utama yang baru bagi produk online Firefox dan Thunderbird.



Pada 2006, Mozilla Corporation menghasilkan 66,8 juta dollar dalam hal pendapatan dan 19,8 juta dalam hal pengeluaran, dengan 85% pendapatan tersebut datang dari Google atas "pemakaian Google Search sebagai mesin pencari default bagi Firefox dan untuk click-through pada iklan yang diletakkan pada halaman hasil pencarian.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda