Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Perbaiki Anjungan Lepas Pantai dengan cara DONGKRAK

PT Pertamina Hulu Energi Offshore West Java (PHE ONWJ) akan melakukan perbaikan pada anjungan LIMA Flowstation (anjungan lepas pantai) yang mengalami penurunan (subsidence) dengan cara menaikkan anjungan. Cara ini dinilai lebih menghemat biaya perbaikan.

Senior Manager Subsurface PHE ONWJ, Ahmad Zailani mengatakan perbaikan anjungan yang mengalami pemurunan dasar laut lantaran kompaksi batuan jauh di dalam tanah akan ditinggikan dengan cara didongkrak.

Cara tersebut lebih murah ketimbang membuat anjungan baru dan menjadi yang pertama kalinya dilakukan di dunia. "Cara ini membutuhkan dana US$ 118 juta, kalau bangun platform baru bisa US$ 1 miliar. Indonesia yang melakukan pertama kali dalam hal ini," kata Ahmad, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (3/4/2013).

Ahmad menambahkan, saat ini anjungan tersebut masih beroperasi dengan baik, namun jika dibiarkan dapat menyebabkan kondisi tidak aman untuk dioperasikan. Sebab itu agar dapat beroperasi dengan baik dan aman dalam jangka panjang, anjungan perlu ditinggikan (deck raising).

Menghadapi kondisi tersebut, dengan persetujuan SKK Migas, PHE ONWJ telah melaksanakan study engineering yang komprehensif untuk menentukan metode paling tepat secara teknis, biaya dan keselamatan untuk pekerjaan remediasi anjungan LIMA ini.

"PHE ONWJ akan mengerjakan Proyek LIMA Subsidence Remediation dengan cara pengangkatan anjungan LIMA Flowstation(3 platform , 2 platform bridge, dan 1 flare bridge) setinggi 4 meter secara bersama-sama dengan metode “Synchronized Hydraulic Jacking System”," ungkapnya.

Ahmad menjelaskan proses pengangkatan ini akan dimulai di bulan Agustus 2013 dan diharapkan selesai dalam waktu 2 bulan. Pengangkatan 5 struktur secara bersama ini merupakan aplikasi teknologi terbaru dengan skala terbesar di seluruh dunia.

"Koordinasi dengan para stake holder, termasuk SKK Migas dan konsumen telah dan terus dilaksanakan untuk kesuksesan pelaksanaan proyek ini," tandas dia. (Pew/Nur


sumber | | http://bisnis.liputan6.com/read/577852/pertama-di-dunia-phe-onwj-perbaiki-anjungan-dengan-dongkrak
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda