Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Bunuh Bakteri, Dokter ini Pompa Kotoran ke Hidung Pasien

Memang tidak semua penyakit bisa diobati dengan mudah, apalagi yang berhubungan dengan bakteri. Seorang dokter bahkan harus menggunakan cara radikal untuk menyembuhkan pasien yang terserang bakteri super Clostridium difficile, yakni dengan memompa kotoran ke hidungnya. Hii!

Dr Robert Porter dari Queen Alexandra Hospital di Portsmouth harus menggunakan cara radikal untuk menyembuhkan seorang pria 88 tahun yang terserang bakteri Clostridium difficile. Dokter memompa kotoran ke hidungnya dan turun ke usus kecilnya.

Menurut Dr Porter, ini pertama kalinya pengobatan tersebut dilakukan di rumah sakit tempat ia bekerja. Pengobatan ini melibatkan pencampuran donor tinja, yang diidealnya berasal dari anggota keluarga, dengan larutan garam dan memindahkannya dengan tabung melalui hidung pasien.

Hal ini paling efektif pada pasien yang mengalami serangan C. difficile berulang, dan yang telah diobati dengan antibiotik begitu banyak sehingga tidak lagi efektif. Cara ini bekerja dengan bakteri 'baik' yang melawan infeksi. Jika berhasil, pasien akan segera merasa lebih baik.

Pengobatan ini sebenarnya pertama kali dikembangkan pada tahun 1958, tapi jarang digunakan. Namun pada tahun 2011 sebuah penelitian Belanda yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa 94 persen orang dengan C. difficile berulang dapat disembuhkan dengan menggunakan transplantasi tinja.

Hal ini dapat dibandingkan dengan tingkat kesembuhan hanya 31 persen orang dengan infeksi berulang yang diobati dengan antibiotik.

"Ini temuan terbaru sangat mengesankan dan memungkinkan kita untuk mengembangkan transplantasi feses sebagai cara ke depan," jelas Dr Porter, spesialis mikrobiologi dan infeksi, seperti dilansir Dailymail, Sabtu (4/5/2013).

Clostridium difficile adalah infeksi bakteri yang paling sering mempengaruhi pasien tua di rumah sakit. Hal ini menyebabkan diare berat, demam dan kram yang menyakitkan. Hal ini juga dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa seperti pembengkakan parah usus. Pasien dengan berulang C. difficile hanya memiliki 75 persen kesempatan untuk bertahan hidup dan sering sakit selama berbulan-bulan.

                           Doctors used a radical way of curing the superbug Clostridium difficile to treat an 88-year-old
This was the first time that the treatment has been used at the Queen Alexandra Hospital in Portsmouth

Jesse Williams was also treated for the superbug using a faecal transplant after suffering from it for nine months

(mer/up)


sumber | wowunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/05/04/140244/2237994/763/demi-bunuh-bakteri-super-dokter-pompa-tinja-ke-hidung-pasien?991104topnews
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda