Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Mencegah Penyakit Ginjal dengan Jeruk Nipis

Penyakit batu ginjal bisa mengancam siapa saja tanpa kecuali. Pria maupun wanita bisa terkena penyakit ini. Penyakit batu ginjal biasanya dipicu oleh kebiasaan menahan buang air kecil, konsumsi obat kimia terlalu banyak, sering mengkonsumsi alkohol dan juga akibat kutangnya komsumsi air minum.

Ginjal merupakan organ tubuh yang berbentuk mirip kacang yang merupakan bagian dari sistem urin. Fungsinya adalah menyaring kotoran dalam darah dan membuangnya secara bersama dalam bentuk air yang dinamakan urine.

Berikut adalah Gejala-gejala yang muncul dari penyakit ginjal :

1. Sulit buang air kecil disertai rasa sakit dan perih.
2. Sangat sering kencing di malam hari
3. Kencing mengeluarkan darah
4. Untuk beberapa kasus, terjadi pembengkakan disekitar mata, tangan dan kaki terutama anak-anak.
5. Tekanan darah tinggi

Nah, kabar baiknya adalah penyakit batu ginjal bisa dicegah dengan mengkonsumsi jeruk nipis. Buah yang rasanya masam ini tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur semata namun juga berkhasiat mencegah penyakit ginjal.

Seperti yang diungkapkan oleh dr. Dharmeizar, Sp, PD-KGH selaku Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dalam jumpa pers nya di Jakarta yang mengatakan "kandungan asam sitrat dari air jeruk nipis dapat menghambat proses pembentukan kristal (batu ginjal). Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di Jogjakarta pada orang dewasa."

Batu ginjal terdiri dari zat-zat seperti kalsium, fosfat, oksalat, dan asam urat. Jika seseorang yang mengalami gangguan batu ginjal dan memiliki kadar asam sitrat yang rendah maka biasanya orang tersebut sangat beresiko menderita penyakit ini. Untuk itulah sangat penting agar kadar asam sitrat dalam tubuh cukup untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

Beliau melanjutkan bahwa dengan mengkonsumsi dua butir jeruk nipis yang diperas dan dicampur dengan segelas air putih bisa menghambat proses pembentukan batu ginjal. Bagi penderita penyakit ginjal, ramuan ini juga bermanfaat juga dalam meringankan rasa sakit.

"Selain itu juga meminum air putih setidaknya dua liter per hari, agar urin cukup encer dan tidak terbentuk kristal", lanjutnya.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda