Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Merpati Ini Terbang 5.000 Mil Melintasi Samudera Pasifik

burung-merpati
Merpati ini terbang dari Jepang ke Kanada I miaminewsday.com
Merpati adalah burung pintar. Daya ingatnya kuat, kemampuan navigasinya mumpuni, ia juga mampu kembali ke sarangnya meski pergi jauh dan dalam waktu lama.

Tapi tidak bagi burung merpati satu ini, burung merpati ini telah melakukan penerbangan marathon sejauh 5.000 mil melintasi Samudera Pasifik.

Burung Merpati ini diterbangkan dalam lomba terbang merpati di pulau Hokkaido, Jepang, tapi merpati ini memilih untuk melupakan lomba terbang 600 mil dan terbang tanpa tujuan hingga melintasi samudera Pasifik dan tiba di Kanada.

Sudah setahun merpati ini terbang, di terbangkan 10 Mei 2012 bersama dengan delapan ribu burung merpati lainnya di provinsi Jepang dari pulau utara Hokkaido, pekan lalu ditemukan tidak jauh dari Vancouver di Kanada. Burung ini ditemukan dalam keadaan kelelahan dan lapar. Seorang penyelamat burung merpati ini akhirnya menghubungi pemiliknya.
peta-terbang
Peta perjalanan merpati I miaminewsday.com
Penyelamat burung merpati ini mampu menjalin kontak dengan pemilik merpati melalui gelang di kakinya.
"Ini adalah merpati sangat baik" - kata Hiroyasu Takasu.
Takasu, yang memiliki sekitar 100 burung yang tinggal di Prefektur Ibaraki.  Dia terkejut ketika ia mengetahui bahwa burungnya masih hidup dan berada di Kanada.

"Saya sangat senang bahwa ia ditemukan masih hidup Burung biasanya meninggal dalam waktu seminggu, mereka (burung) meninggal karena tanpa adanya ketersediaan makanan atau air,." - Katanya.

Terlepas dari kenyataan bahwa prestasi itu sungguh mengesankan pemilik burung peliharaan, Takasu meminta agar burung tidak dikembalikan, takut bahwa dalam perjalanan lain ia akan terluka  dan mati.
Merpati dapat menggunakan medan magnet bumi untuk menavigasi dan memiliki kemampuan yang unik untuk kembali ke rumah mereka bahkan setelah mereka terbang ratusan mil jauhnya. Oleh karena itu, di masa lalu mereka sering digunakan sebagai tukang pos.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda