Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Kenali Beberapa Penyebab Sariawan

Kenali Penyebab Sariawan Sariawan merupakan penyakit umum yang hampir di derita oleh semua orang tanpa memandang usia. Meskipun tergolong penyakit ringan namun kehadiran penyakit ini sangat menjengkelkan. Membuat kita merasakan sakit saat berbicara juga pada saat makan. Sebenarnya apa sih sariawan itu?

Penyakit yang dalam istilah medis dikenal sebagai stomatitis aftosa tersebut merupakan sebuah kelainan berupa luka atau pun peradangan yang terjadi di daerah sekitar mulut seperti gusi, lidah, atau pun bagian langit-langit mulut. Peradangan tersebut berupa bercak-bercak putih kekuning-kuningan. Penyebabnya adalah karena adanya infeksi mikroba seperti virus dan jamur. Berikut adalah uraian selengkapnya :

Penyebab Sariawan :


Infeksi Virus
Sariawan bisa di akibatkan oleh serangan virus yang masuk kedalam mulut baik melalui udara atau pun perantara makanan. Virus tersebut akan menginfeksi dan menimbulkan peradangan. Virus juga kadang menyebabkan penyakit-penyakin mulut lain seperti herpes, demam pada kelenjar, dan sebagainya.

Infeksi Bakteri dan Jamur
Bakteri dari luar sangat mudah sekali masuk kedalam mulut melalui makanan yang kita makan. Apabila kita sering mengabaikan kebersihan mulut maka bakteri tersebut akan mengendap di mulut, berkembang biak dan menimbulkan jamur. Nah bakteri yang menempel itulah yang menyebabkan peradangan atau sariawan.

Panas Dalam
Ketika seseorang mengalami panas dalam, gejalanya yaitu tenggorokan kering, nafas panas dan menimbulkan bau tak sedap. Maka biasanya juga akan diiringi dengan munculnya sariawan di mulut.

Asupan Nutrisi yang Kurang
Kekurangan asupan nutrisi seperti vitamin C, Vitamin B12, dan zat besi juga dapat memicu timbulnya sariawan. Biasanya akan timbul gejala-gejala seperti bibir pecah-pecah, atau pun gusi berdarah.

Faktor Eksternal Lainnya
Selain beberapa faktor di atas, ada beberapa hal yang bisa memicu timbulnya sariawan diantaranya yaitu luka pada bibir atau lidah akibat tergigit, pemasangan gigi behel, dan faktor stress juga konon dapat memperngaruhi timbulnya sariawan.

Selalu jaga kesehatan anda supaya terhindar dari penyakit ini. Cara Mengobati Sariawan sendiri bisa dilakukan dengan cara-cara tradisional maupun obat-obatan di toko.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda