Angka penjualan triwulan pertama 2013, mencatat peningkatan positif dibandingkan periode sama 2012. Saat itu, volume penjualan sepeda motor di pasar domestic melemah sekitar 2,21%. Pelemahan terjadi, salah satunya dipicu turunnya sejumlah harga komoditas sehingga memengaruhi daya beli konsumen.
Kembali lagi soal penjualan per akhir Maret 2013. Terlihat bahwa Honda menjadi pemain nomor satu di Indonesia. Honda menguasai sekitar 61,41% pangsa pasar domestik. Artinya, setiap jam Honda melego sekitar 560 sepeda motor. Nah, kalau dibandingkan dengan periode sama 2012, Honda membukukan peningkatan sekitar 13,70%.
Sementara itu, pemain nomor dua terbesar di Indonesia, yakni Yamaha, per akhir Maret 2013 menguasai sekitar 31,61% market share domestik. Setiap jam, selama tiga bulan pertama 2013, Yamaha menjual sekitar 288 sepeda motor. Angka itu kurang menggembirakan, mengingat pada periode sama 2012, Yamaha masih mampu melego sekitar 330 unit tiap jamnya. (edo rusyanto)
sumber | | http://edorusyanto.wordpress.com/2013/04/10/tiap-jam-912-motor-baru-masuk-pasar/