Bigcendol ~ PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memastikan kedatangan
Yamaha R15 untuk menemani R25 sebagai jurus pamungkas 2014. Sepeda motor
yang kerap disapa V-ixion ber-fairing ini diketahui akan meluncur lebih dulu ketimbang R25, yakni pertengahan 2014.
Di kelas ini, Yamaha sangat bernafsu mengambil peran. Selama ini, sepeda motor 150cc ber-fairing
di Indonesia cuma ada Honda CBR150R, Minerva VX 150, atau Kawasaki
Ninja RR untuk penyuka sepeda motor 2-tak. Sukses V-ixion diharapkan
mengatrol R15 dalam waktu tak lama.
Jika dibedah lebih dalam, maka R15 tak sekadar V-ixion yang diberi
jubah. Banyak spesifikasi yang membedakan, tentunya harga juga ikut
naik. Yutaka Terada, Direktur Pemasaran Eksekutif YIMM, menegaskan hal
tersebut dalam kesempatan di Yamaha Flagship Store beberapa waktu lalu.
”Komponen berbeda, termasuk rangka aluminium dan bagian lainnya. Tenaga juga lebih besar (dibandingkan V-ixion). Banyaklah (bedanya),” kata Terada tanpa mau merinci detail dan kisaran harga.
Lebih baikSpesifikasi disinyalir akan sama dengan R15 yang saat ini dipasarkan di India. Fairing-nya futuristik, lengkap dengan bodi bertekstur karbon hingga lengan ayun aluminium untuk pemangkasan bobot. Kabarnya, bahan pembuat rangka delta box-nya juga lebih ringan.
Secara dimensi, jarak sumbu roda lebih panjang ketimbang V-ixion. Mesin yang digendong sama, 149,8 cc, 4-klep, SOHC, berpendingin cairan dengan rasio kompresi 10,4:1. Namun, tenaga sedikit di atas V-ixion, yakni 16,83 PS/8.500 rpm dan torsi 15 Nm/7.500 rpm. (16,43 PS dan 14,5 Nm untuk New Vixion).
Ada perubahan pada ECU yang membuat tenaganya naik sedikit. Ini didukung dengan transmisi 6-percepatan. Akselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam 11,5 detik, sebelum meraih top speed 130 kpj.
Sekarang waktunya mengandai-andai. Jika saat ini New V-ixion Lightning dijual antara Rp 21,7 juta-Rp 23,8 juta, maka R15 kemungkinan besar akan dibanderol di atas Rp 30 juta. Bahkan, saat ini sudah ada importir umum yang menjual model tersebut di atas Rp 40 juta.
sumber:http://otomotif.kompas.com/read/2013/12/30/1344223/.Meraba-raba.Yamaha.R15”Komponen berbeda, termasuk rangka aluminium dan bagian lainnya. Tenaga juga lebih besar (dibandingkan V-ixion). Banyaklah (bedanya),” kata Terada tanpa mau merinci detail dan kisaran harga.
Lebih baikSpesifikasi disinyalir akan sama dengan R15 yang saat ini dipasarkan di India. Fairing-nya futuristik, lengkap dengan bodi bertekstur karbon hingga lengan ayun aluminium untuk pemangkasan bobot. Kabarnya, bahan pembuat rangka delta box-nya juga lebih ringan.
Secara dimensi, jarak sumbu roda lebih panjang ketimbang V-ixion. Mesin yang digendong sama, 149,8 cc, 4-klep, SOHC, berpendingin cairan dengan rasio kompresi 10,4:1. Namun, tenaga sedikit di atas V-ixion, yakni 16,83 PS/8.500 rpm dan torsi 15 Nm/7.500 rpm. (16,43 PS dan 14,5 Nm untuk New Vixion).
Ada perubahan pada ECU yang membuat tenaganya naik sedikit. Ini didukung dengan transmisi 6-percepatan. Akselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam 11,5 detik, sebelum meraih top speed 130 kpj.
Sekarang waktunya mengandai-andai. Jika saat ini New V-ixion Lightning dijual antara Rp 21,7 juta-Rp 23,8 juta, maka R15 kemungkinan besar akan dibanderol di atas Rp 30 juta. Bahkan, saat ini sudah ada importir umum yang menjual model tersebut di atas Rp 40 juta.