Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

20 Negara Termiskin di Dunia tahun 2013

wanita burundi
Wanita Burundi I foto therichest.com
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuhan kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.

Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan,dll.  (id.wikipedia.org)

Prestasi Indonesia mengurangi angka kemiskinan telah banyak menuai tanggapan positif dari berbagai negara, misalnya, Belanda mengapresiasi keberhasilan Indonesia menurunkan angka kemiskinan, demokratisasi dan masuknya Indonesia sebagai negara G-20.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Pembangunan dan Kerjasama Internasional Belanda, Lilianne Ploumen saat memberi sambutan pada acara 'The 1st International Conference on Indonesian Development' (ICID) di Kampus Institute of Social Studies (ISS), Den Haag, Belanda. Dilansir dari republika.co.id

Bagaimana dengan negara lain dalam mengentaskan angka kemiskinan?. Ternyata setelah hampir tiga dekade masih ada 20 negara yang berada dibawah garis kemiskinan, misalnya  negara-negara di gurun Afrika hingga sekarang  negara-negara itu dengan angka kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan politik yang paling memprihatinkan di dunia.

Melansir dari therichest.com, berdasarkan domestik bruto produk paritas daya beli negara-negara itu jauh berbeda, Adapun  20 negara termiskin di dunia pada 2013.

1.    Republik Demokratik Kongo - $ 394,25

Republik Demokratik Kongo, (sebelumnya bernama Zaire antara tahun 1971 dan 1997), adalah sebuah Negara di Afrika bagian Tengah. Negara ini berbatasan dengan Republik Afrika Tengah dan Sudan di sebelah utara; Uganda, Rwanda, Burundi, dan Tanzania di timur; Zambia dan Angola di selatan; dan Republik Kongo di Barat.

Republik Demokratik Kongo adalah negara terbesar kedua di Afrika.  Negara ini masih dilanda kekejaman karena perjuangan untuk kontrol kekayaan mineral.  Meskipun memiliki potensi di bidang pertanian, manun paling menderita dari tingkat tinggi malnutrisi dan kematian.

2.    Zimbabwe - $ 589,46

Zimbabwe adalah negara yang terkurung daratan di Afrika selatan dan mengalami pelanggaran HAM paling berat dilakukan oleh Mugabe selama masa pemerintahan sejak tahun 1980. Dan juga mengalami tingkat kemiskinan yang parah dan kemerosotan ekonomi.

3.    Burundi - $ 648,58

Burundi adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika timur. Ini memiliki populasi padat yang menderita konstan peperangan, korupsi, pendidikan yang buruk dan kontaminasi AIDS secara luas.

4. Liberia - $ 716,04

Liberia adalah sebuah negara di Afrika barat. Sebuah kudeta pada tahun 1980 menandai awal dari sebuah periode panjang ketidakstabilan, dengan negara dilanda dua perang saudara.  Ini menghancurkan perekonomian dan menewaskan sekitar 250.000 orang.

5. Eritrea - $ 792,13

Eritrea adalah sebuah negara di Tanduk Afrika.  Telah mandiri pada tahun 1991. Negara Ini memiliki perekonomian yang tumbuh pesat sebesar 8,7 persen.

6. Republik Afrika Tengah - $ 827,93

Republik Afrika Tengah adalah negara yang terkurung daratan di Afrika Tengah. Negara ini telah berubah menjadi anarki praktis setelah kudeta Maret 2013, mencopot semua aparat pemerintahan tanpa tersisa.  Negara ini juga menderita konflik bersenjata di tahun 2000-an.

7. Niger - $ 853,43

Niger adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika Barat. Negara ini sungguh menderita dari kurangnya infrastruktur, perawatan kesehatan yang buruk, degradasi lingkungan dan pendidikan yang buruk di kalangan rakyatnya.

8. Malawi - $ 893,84

Malawi adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika tenggara.  Ia memiliki harapan hidup rendah dan tingginya angka kematian bayi. Ada juga prevalensi tinggi AIDS di antara penduduknya.

9. Madagaskar - $ 972,07

Madagaskar merupakan sebuah negara pulau di lepas pantai Afrika tenggara.  Ini adalah hotspot keanekaragaman hayati, dengan 90 persen satwa liar yang unik ke negara itu. Lebih dari 90 persen penduduknya hidup kurang dari dua dolar per hari.

10. Afganistan - $ 1,072.19

Afghanistan adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Asia Selatan yang dianggap sebagai salah satu yang paling berbahaya di dunia.  Ini adalah produsen terbesar pengungsi dan pencari suaka di dunia. Kelompok teroris masih berlimpah di negara itu meskipun ada upaya pihak internasional untuk membangun negeri ini.

11. Mali - $ 1,136.77

Mali adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika barat.  Ini adalah produsen terbesar ketiga emas di benua Afrika. Setengah dari penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan internasional.

12. Togo - $ 1,145.94

Togo adalah sebuah negara di Afrika barat.  Meskipun berfungsi sebagai pusat regional, dan perdagangan di wilayah ini, reformasi ekonomi dan kegiatan telah terhenti oleh perselisihan politik dan ketidakstabilan.

13. Guinea - $ 1,162.18 

Guinea adalah sebuah negara di bagian barat Afrika.  Ini adalah produsen terbesar kedua bauksit di dunia dan dikenal memiliki deposito yang kaya emas dan berlian. Hal ini ditandai dengan infrastruktur yang buruk dan kekurangan listrik dan air. 

14. Ethiopia - $ 1,258.60

Ethiopia adalah sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika.  Ini adalah negara yang terkurung daratan terpadat di dunia dan kedua negara paling padat penduduknya di seluruh benua Afrika.  Ini sebenarnya memiliki GDP terbesar di Afrika tengah dan timur, tapi kelaparan dan perang sipil di masa lalu mendestabilisasi negara itu.

15. Mozambik - $ 1,262.96

Mozambik adalah sebuah negara di tenggara Afrika.  Diberkahi dengan sumber daya alam yang kaya, pertumbuhan PDB rata-rata sebenarnya cukup tinggi.  Namun itu tertinggal dalam PDB per kapita, pembangunan manusia, harapan hidup rata-rata dan ukuran ketimpangan.

16. Guinea-Bissau - $ 1,268.46

Guinea-Bissau adalah sebuah negara di Afrika Barat yang dulunya bagian dari Kekaisaran Mali.  Ini telah merdeka sejak 1973, tetapi tidak ada presiden yang pernah menjabat jabatan lima tahun penuh karena ketidakstabilan politik.

17. Komoro - $ 1,296.77

Komoro adalah sebuah kepulauan di lepas pantai timur Afrika.  Ini adalah negara terkecil ketiga di Afrika berdasarkan wilayah.  Posisi yang unik yang memungkinkan untuk menjadi satu-satunya negara yang merupakan anggota Uni Afrika, Francophonie, Organisasi Kerjasama Islam, Liga Arab dan Komisi Samudera Hindia pada waktu yang sama.  Ia telah menderita berbagai upaya kudeta, dan setengah orang hidup di bawah garis kemiskinan.

18. Sudan Selatan - $ 1,324.10

Sudan Selatan adalah sebuah negara baru yang merdeka pada tahun 2011.  Ini adalah negara yang terkurung daratan di timur Afrika Tengah.  Ini memiliki sedikit infrastruktur dan memiliki angka kematian ibu tertinggi dan angka buta huruf.  Memiliki salah satu ekonomi yang paling terbelakang di dunia.

19. Nepal - $ 1,347.62

Nepal adalah negara terkurung daratan di Asia Selatan.  Ini adalah rumah untuk delapan dari 10 gunung tertinggi di dunia, termasuk tertinggi di Mt.  Everest.  Ini adalah tuan rumah Lumbini, salah satu tempat paling suci di dunia, itu adalah tempat kelahiran Sang Buddha.  Ini menderita perang saudara yang memuncak mencapai kesepakatan pada tahun 2008 untuk menghapuskan monarki.

20. Haiti - $ 1,358.10

Haiti adalah sebuah negara di Karibia adalah bangsa independen pertama di Amerika Latin, republik kedua di seluruh Amerika, dan republik pertama di dunia yang akan dipimpin oleh orang kulit hitam. Ini adalah salah satu dari hanya dua negara di Amerika untuk berbicara bahasa Perancis dalam kapasitas resmi.  Ini telah dirusak oleh kekerasan politik sepanjang sejarahnya.
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda