Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Salut!! Rela Jadi Miskin Demi Menolong Sesama

Uang 2 dolar Australia atau setara Rp19.800 di Indonesia adalah jumlah yang lumayan, tapi tidak di Australia. Namun, sejumlah orang di Negeri Kanguru rela memangkas pengeluaran makan mereka demi memenuhi sebuah tantangan, Live Below The Line.

Diciptakan pada tahun 2010 oleh dua anggota organisasi Global Poverty Project dan Oaktree Foundation, tantangan tersebut adalah meminta orang untuk hidup setara dengan garis kemiskinan. Hanya 10 dolar Australia untuk 5 hari. Sisa uang yang tak dipakai disumbangkan.

Richard Williams, mahasiswa sains dari Melbourne University sejauh ini telah mengumpulkan AS$ 5.000, dengan memangkas anggaran makannya. Setiap pagi ia hanya mengonsumsi sereal dan susu, sebuah wortel dan apel untuk makan siang, dan nasi atau pasta dengan sayuran campur di malam hari.

"Tahun ini saya melakukannya bersama sejumlah anggota keluarga. Jadi kami punya 30 dolar untuk makan 5 hari, lebih baik dari tahun lalu saat aku melakukannya sendiri," kata dia seperti dimuat News.com.au, Selasa (7/5/2013).

Seorang fotografer perempuan asal Melbourne, menunjukkan foto bahan pangan yang akan ia makan minggu ini: tumpukan kecil makanan termasuk satu pisang, labu, bawang, dan enam telur.

"Aku akan mengumpulkan uang untuk pendidikan dan pelatihan di negara berkembang. Ini salah satu cara terbaik untuk memutus rantai kemiskinan," kata dia.

Sementara, Anya Rugendyke (22), asal Sydney berhasil mengumpulkan AU$ 2.835 dengan melakukan tantangan itu selama 30 hari. Selama itu ia hanya makan oat dan pisang.

"Aku tidak toleran dengan gluten. Jadi aku tak bisa makan pasta dan semacamnya," kata dia. "Ini adalah tahun keempat aku berpartisipasi. Ini adalah pelajaran bagi diriku, untuk merasakan betapa berat kehidupan sehari-hari bagi seseorang yang hanya bisa makan sedikit makanan. Bagaimana seseorang akan merasa tak enak badan dan mudah lelah."

Sementara, Hayley Chapman (21), mahasiswa sains di Adelaide berkemah di depan Flinders University, menggunakan kompor portabel, ia memasak sendiri makanannya: wortel, ubi manis, lentil, dan beras.

Kini, tahun ketiga partisipasinya, ia berharap bisa mengumpulkan uang lebih dari 1.000 dolar. "Program ini membuka mataku tentang betapa sulitnya beberapa orang di dunia untuk hidup."

Namun, tak semua peserta tahan melakukannya. Murid kelas 11, Giles Calwell mengaku, baru sehari turut serta, ia sudah merasa berat.

Bintang Hollywood

Kampanye tersebut telah menyebar ke Inggris, Kanada, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Sebanyak 200 ribu orang telah terlibat, termasuk bintang Hollywood.

Aktor Hugh Jackman berperan serta pada tahun 2011 lalu. Tahun ini, aktor sekaligus sutradara "Argo" Ben Affleck menerima tantangan ini. Hanya makan beras dan kacang-kacangan.

"Sebanyak 1,4 miliar orang hidup dengan uang kurang dari US$ 1,5 setiap hari. Aku bergabung dengan Live #BelowTheLine atas nama @easterncongo. Apakah kalian bersedia?," demikian tulis Ben Affleck dalam Twitternya.

Dia membantah bahwa aksinya itu hanya untuk mendongkrak popularitasnya. Ia balas menuding mereka yang menuduhnya telah membuat masalah kemiskinan ekstrem hanya sedikit lebih penting dari gosip selebritis. "Namun benar bahwa selebriti seringkali mempromosikan (sadar atau tak sadar) gaya hidup berlebihan, bak orang-orang terkaya di Amerika."

Selebritis lain yang juga menerima tantangan ini adalah Debi Mazar dan Sophia Bush. (Ein)

                   Richard Williams on the $2 a day poverty challenge

Jo Sutton of Melbourne's week of food

$10 of food


sumber |   http://news.liputan6.com/read/580627/luar-biasa-rela-jadi-miskin-makan-seadanya-demi-sesama
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda