Makasih ya udah berkunjung ke Bigcendol dan selamat membaca ^^ Jangan lupa mampir lagi ya ^^
Selamat datang dan selamat membaca :)

Gadis Punggung Bengkok 100 Derajat Ini Berhasil Dioperasi

Natalie Royle (17) didiagnosa skoliosis yang cukup parah. Skoliosis merupakan kondisi kelainan yang membuat tulang belakangnya melengkung. Kondisi yang dideritanya ini semakin buruk karena punggungnya melengkung hingga 100 derajat.

Yang paling mengkhawatirkan, kondisi ini bahkan membuat organ dalam Natalie menjadi sangat terhimpit. Akibatnya, Natalie semakin sulit untuk bernapas.

Ibunya, Michelle, pertama kali melihat ada yang salah pada tubuh bagian belakang Natalie setelah gadis ini kembali dari ekspedisi di Duke of Edinburgh. Saat itu, Natalie membawa ransel yang cukup berat.

"Bahu kanan Natalie mencuat dan saya merasa posisi tersebut tidak benar. Saya akhirnya memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit. Di sana ia kemudian didiagnosa skoliosis," ungkap Michelle, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (16/5/2013).

"Lengkungan pada tulang punggungnya menjadi semakin parah. Natalie bahkan sempat tidak bisa berjalan lebih dari 5 menit karena terlalu kesakitan," imbuh Michelle.

Setelah itu, Michelle dan keluarganya diberitahu oleh dokter bahwa Natalie harus menjalani operasi untuk mengembalikan posisi tulang belakangnya. Walaupun begitu, mereka juga diberi tahu operasi ini pun memiliki risiko kematian, kelumpuhan, dan kebutaan jika gagal.

Walaupun sempat ragu, namun akhirnya keluarga menyetujui dilakukan operasi ini demi menyelamatkan nyawa Natalie. Natalie pun akhirnya menjalani 2 operasi tulang belakang di Manchester Children's Hospital.

Proses operasi ini dilakukan dengan membuka tulang belakang Natalie, merentangkannya, kemudian memasukkan sebuah alat seperti batang di dalamnya. Saat operasi kondisi Natalie dinilai tim dokter cukup baik.

Kini Natalie sudah tidak merasakan nyeri lagi. Ia sudah bisa berjalan, melakukan semua kegiatannya seperti biasa. Walaupun menurut dokter kondisi tulang punggungnya belum 100 persen lurus, namun Natalie tidak akan merasakan ketidaknyamanan yang dulu ia rasakan dalam jangka panjang.

Tim dokter bahkan menginformasikan Natalie saat ini sudah diperbolehkan untuk berolahraga, melakukan panjat tebing, dan bungee jumping.

Keluarga Natalie sangat bersyukur atas keberhasilan tim dokter melakukan operasi. Mereka menyumbang sekitar 88 juta rupiah untuk membeli sebuah scanner. Alat ini diberikan pada unit tulang belakang di rumah sakit tersebut sebagai ungkapan terima kasih pada tim yang telah menyelamatkan nyawa Natalie.

"Semuanya sudah dilewati oleh Natalie, mulai dari yang sulit hingga saat ini ia bisa menikmati hidupnya. Ia gadis yang sangat berani," ungkap Michelle.

Natalie Royle, 17, has scoliosis which was so severe that her organs were being crushed. She is pictured with her mother Michelle Royle and her uncle Mike Carr

X-rays show Natalie's spine before the surgery (left) and after it (right). She is now able to exercise and rock climb again


(vit/vit)


sumber | wowunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/05/16/133255/2247749/763/gadis-berpunggung-bengkok-100-derajat-ini-akhirnya-berhasil-dioperasi?991104topnews
Comments
0 Comments

Tambahkan Komentar Anda